The Handmaiden, Film Korea Pertama yang Jadi Pemenang BAFTA

Ajang penyelenggaraan film paling tinggi di Inggris yakni BAFTA Awards di hari Minggu (18/2) malam waktu setempat menjadi momen yang sangat bersejarah untuk industry perfilman Korea. The Handmaiden, film Kore yang menjadi film Negeri Gingseng pertama yang memenangkan ajang tersebut.

The Handmaiden Mampu Menang

Tak hanya menjadi yang pertama memenangkannya, The Handmaiden pun menjadi film pertama dari Korea Selatan yang mana masuk menjadi nomine ajang sekelas Academy Awards itu. the Handmaiden ini memenangkan piala BAFTA untuk sebuah kategori yakni kategori Best Film Not in the English Language.

Fil  yang mana juga memiliki judul Agassi ini pun mampu mengalahkan sejumlah judul film yang kondang lainnya misalnya Elle, Salesman, Loveless, dan juga First They Killed My Father, film karya Angelina Jolie. Meskipun menjadi yang pertama masuk jadi nomine dan juga memenangkannya, akan tetapi diberitakan KBS melalui CNN Indonesia bahwa sang sutradara, Park Chan Wook, dan juga kru-krunya serta pemainnya berhalangan untuk hadir di Royal Albert Hall, London.

The Handmaiden adalah film thriller psikologis erotis yang mana terinspirasi dari novel karya Sarah Waters, Fingersmith. Akan tetapi latar cerita Dewa Poker asli yang mana berlokasi pada era Victoria di Inggris itu diubah menjadi saat Korea di bawah kolonialisasi Jepang.

Film ini berputar pada 4 tokoh yakni seorang wanita berada bernama Lady Hideko yang mana diperankan oleh Kim Min Hee yang mana sudah mewarisi banyak harta. Kemudian ada seorang penipu bernama Fujiwara yang mana diperankan oleh Ha Jung Woo yang mana mengejar harta wanita yang kaya itu. lalu ada seorang gadis pencopet yang bernama Sook Hee yang diperankan oleh Kim Tae Ri. Gadis itu direkrut menjadi pelayan oleh paman dan juga sekaligus wali sang wanita pewaris  tersebut, Kouzuki yang diperankan dengan sangat apik oleh Cho Jin Woong.

Film ini sudah dirilis pada tahun 2016 ini tepatnya tanggal 14 Mei di Cannes Film Festival. Kemudian film ini terpilih menjadi pesaing yang memperebutkan Palme d’Or. Film The Handmaiden ini juga mendapatkan pujian dari kritikus-kritikus dan juga nilai pada lama Rotten Tomatoes mencapai angka 95%. Film yang dirilis secara resmi pada tanggal 1 Juni 2016, The Handmaiden mendapat box office yang besarnya US $37 juta.

Capaian Film Lain di BAFTA

Ajang BAFTA ini nampaknya sangat bergengsi sehingga deretan film yang memenangkannya bisa dikatakan sangat bagus. Daftar pemenang BAFTA Awards 2018 sudah lengkap. Fan film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri, film drama criminal termasuk dalam 5 film dengan piala Film Terbaik pada ajang itu pada hari Minggu (!8/2) malam itu.

Selain itu ada juga Film Terbaik pada ajang sekelas Oscar untuk sineas  Inggris itu, Three Billboard juga berhasil membawa pulang piala untuk satu kategori lagi yakni Original Screenplay, Best Actress untuk Frances McDormand, Outstanding British Film, dan juga Best Supporting Actor untuk Sam Rockwell.

Di sisi lainnya, The Shape of Water yang mana menguasai perolehan nomonasi BAFTA di tahun ini dengan 12 nominasi, Cuma berhasil membawa pulang 3 buah piala saja termasuk kategori Best Director untuk Guilermo Del Toro. Sementara itu The Darkest Hour membawa pulang 2 buah piala yakni termasuk untuk kategori Best Actor yang mana didapatkan oleh Gary Oldman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *